Selasa, 06 Januari 2009

MENJAGA KEBERSIHAN PASIEN STROKE

Kadang kita suka pusing apa yang harus dipersiapkan untuk merawat pasen stroke di rumah terutama pasien stroke yang mengalami kelumpuhan, banyak hal yang mesti dipersiapkan untuk menjaga pasien stroke , saat ini di tulisan ini akan membahas mengenai menjaga kebersihan pasien stroke…..
- Setiap hari kita harus membandikan pasien stroke , tapi tidak seperti mandi orang normal , pasen hanya di cit menggunakan wash lap , dengan menggunakan air panas yang hangat kuku .
- Siapkan kapas cambium ( kapas yang berbentuk bulat-bulat) untuk mencuci BAK atau BABnya.
- Siapkan cuton lidi ( kapas lidi) untuk membersikan kulit kering diantara jari 2 kaki
- Siapkan pamper ukuran orang dewasa supaya pasen stroke terjaga kebersihannya ( SETIAP BULAN BIASANYA MEMERLUKAN 4 KARDUS BESAR PAMPER,TIAP KARDUS BISA 4 ATAU LIMA BUNGKUS PAMPER , TIAP BUNGKUSAN PAMPER TERDAPAT 8 BUAH PAMPER)
- Siapkan alas yang seperti pelastik dan kain planel sebagai alas di tempat tidur
- Siapkan baby oil , caladin, bedak baby, menjaga kulit pasien stroke biar tetap halus dan apabila mengalami gatal-gatal kita bisa memberikan caladin untuk pertolongan pertamanya,apabila gatalnya masih berkelanjutan pasien stroke harus chek up ke dokter takut kadar gulanya tinggi.
- Selalu keramas dalm seminggu bisa satu kali ataupun 2 kali
- menggunting kuku pasien dalam 1 bulan bisa dua kali, sehingga pasen tersebut menggaruk tidak menimbulkan luka.
Yang terakhir ini sih tambahan dari kebiasaan menjaga pasien stroke di rumah terutama bagi pasien stroke wanita, menjaga kecantikan diri :
Setiap bulan sekali pasien stroke bisa kita kasih perawatan muka yaitu dengan memberikan kompresan mentimun ke dua matanya lalu mengolesi mentimun ke mukanya lalu kita cuci dengan air panas yang hangat kuku sambil kita pijit daerah mukanya dan daerah leher kita usap dengan halus ( ini bisa juga sebagai terapy untuk bicara), sehingga walaupun pasien stroke hanya di dalam kamar dan tidak bisa kemana-mana dari sinar pancaran wajahnya akan terlihat seperti orang sehat karena kita jaga dengan baik dari ujung rambut sampai ujung kaki.

1 komentar:

Griyakami Homecare mengatakan...

Yth. Bu Agustini, titip informasi ya :) Silahkan hubungi GriyakamiHomecare Jln. Brantas No.7 Bandung jika ada teman yang membutuhkan sewa hospital bed, oksigen,mattrass anti-decubitus,membuat kursi roda custom-made dll. Terimakasih-Salam sehat selalu.