Senin, 19 Januari 2009

PARENTS

Walker yang selalu setia menemaninya membuat dirinya bisa berjalan-jalan memandang luas lautan biru yang membentang….
Usia lansia membuat dirinya tetap menikmati dunia walaupun dari raut mukanya tersirat kesedihan dan kesepian.
Hidup sendiri diapartemen kecil di sebuah kota yang terletak dinegara sakura, setiap pagi menjelang dan matahari bersinar, aktifitas yang dilakukannya selalu sama, berjalan dengan bantuan walker menuju warung makan ,sedikit demi sedikit makanan yang menurutnya keras masuk ke dalam mulut, giginya yang sudah tidak lengkap lagi membuat dirinya mempunyai kesulitan dalam mengunyah makanan tersebut dan kesulitan saat menelan makanan tersebut. Setelah makanan habis, dirinya berpamitan pada pelayan warung dengan senyuman yang tersirat rasa sepi dan sedih. Dengan perlahan kakinya melangkah menuju sebuah pelabuhan, indahnya pemandangan di pelabuhan itu salah satu obat rindunya pada anak-anak dan cucunya yang tidak tinggal dengan dirinya.
Hidupnya akan selalu sama saat matahari terbit dan hari berganti , masa tua yang di lalui dengan kesendirian , karena anak-anaknya selalu sibuk dengan kehidupan mereka masing-masing.
Saat melihat kisah itu di salah satu tv chanel luar tidak terasa pipiku mulai basah dengan air mata. (uwik sedihnya……. :( )
Kadang aku ingin bertanya kenapa kebanyakan anak saat ini tidak mau mengurus orang tuanya saat orang tuanya menginjak usia lansia?( apalagi anak yang sudah menikah , mereka selalu memikirkan diri mereka sendiri). Padahal dengan kerja keras dan menguras keringat orang tua membesarkan anaknya tanpa mengharapkan imbalan,tapi ada saja anak yang tidak ingat dengan pengorbanan orang tuanya,karena usia yang telah tua, akan merubah sifat orang tua kita seperti anak-anak , dan itu yang menjadikan anak tidak mau merawat orang tuanya sendiri, dengan berbagai cara dan alasan anak akan mengirimkan orang tuanya ke sebuah panti jompo, ataupun membiarkan orang tuanya hidup sendiri ( ukh miris rasanya hatiku….hik…hik…gimana klo mereka diperlakukan sama oleh anaknya seperti dirinya memperlakukan orang tuanya ).
Kadang aku ingin sekali mendemo anak-anak yang tidak mau mengurus orang tuanya,dan tidak ingat dengan pengorbanan orang tuanya.tapi hanya doa yang bisa terucap dari dalam hatiku”semoga anak2 di dunia ini akan selalu menjaga dan mencintai orang tua kita masing-masing”.
Saat orang tua kita mengincak lansia perobahan fisik dan sifatnya sangat berbeda saat mereka dulu selalu memanjakan kita saat kita kecil, dan sekarang situasinya harus terbalik mereka orang tua kita yang harus kita manjakan , kita perhatikan dan kita jaga .
Orang tua kita merupakan harapan dan cahaya kehidupan bagi kita,apabila mereka tidak ada kitapun tidak akan ada di dunia ini.berusahalah jadi tumpuan mereka ( orang tua kita) dalam susah , senang saat melewati hari2.kebahagiaan orang tua apabila anak2nya bersama dirinya, mau memperhatikan dirinya, dan memberikan warna dalam kehidupannya , berusahalah menjadi anak yang sholehah dan sholeh , menjaga,mengayomi , memberi kesenangan saat orang tua kita mengincak lansia. Jangan pernah berhenti mencintai orang tua kita bukan saja materi yang mereka perlukan tapi perhatian dan kasih sayangpun yang mereka perlukan. ( for my mom and dad I love you so much, I hope Allah swt give you happiness in this world and another world , I hope Allah give both of you firdaus heaven or addn heaven…)

Tidak ada komentar: